Aplikasi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

  • September 23, 2011 at 12:46 pm

Berdasarkan jenis aplikasi dan kompleksitas teknologi yang digunakan, kita dapat mengelompokkan user ke dalam beberapa kategori, yaitu home user, small user dan power user. Untuk selanjutnya, saya akan membahas lebih lanjut mengenai home user beserta aplikasi yang digunakan.

Pengertian dari Home User adalah pengguna computer rumah yang memiliki koneksi internet untuk mengatur proses budget dan manajemen financial personal.

Hardware yang sering digunakan adalah:

  1. Desktop Komputer

Adalah computer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi. Perangkat computer meja seperti tampilan computer, CPU, dan keyboard terpisah satu sama lain dan relative berukuran besar. Computer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Merupakan computer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

 

  1. PDA (Personal Digital Assistant)

Adalah sebuah alat elektronik yang berbasis computer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA pada awalnya banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi, tetapi pada perkembangannya, bertambah banyak fungdi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, game computer, akses internet, penerima dan pengirim email, radio, perekam video.  Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

 

  1. Smart Phone

Merupakan high end ponsel, yang menggabungkan fungsi dari sebuah PDA dan tekepon selular. Model saat ini biasanya juga berfungsi sebagai portable media player dan ponsel kamera dengan resolusi tinggi. Istilah smartphone biasanya digunakan untuk menggambarkan ponsel dengan kemampuan komputansi yang lebih canggih.

 

Sedangkan aplikasi/ software yang sering digunakan adalah:

  1. Bisnis

Microsoft Word merupakan aplikasi/ program yang berfungsi untuk membuat tulisan-tulisan (word processor) seperti membuat surat, membuat dokumen, dll. Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja/ spreadsheet. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk presentasi dengan menampilkan grafik, gambar, dll.

 

  1. Web Browser

Adalah aplikasi untuk mengambil, menampilkan sumber informasi di World Wide Web. Sebuah web browser juga dapat didefinisikan sebagai aplikasi/ program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses, mengambil dan melihat dokumen dan sumber lainnya di internet. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI). Contoh: Mozilla firefix, Google chrome, safari, dll).

 

  1. Instant Messaging

Adalah sebuah teknologi internet yang memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang terhubung ke jaringan yang sama.

 

  1. Online Banking

Online banking atau internet banking memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan pada website yang aman, yang dioperasikan oleh bank. Contoh: klikbca, mandiri e-banking yang memungkinkan pelanggan/ nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran, transfer ataupun pembelian melalui internet.

 

  1. Email

Adalah metode pertukaran pesan digital dari penulis untuk satu atau lebih penerima, beroperasi di internet atau jaringan komputer.

 

Referensi:

  1. http://dyadyanidya.blog.binusian.org/2011/03/12/pengertian-home-user-berikut-hardware-dan-software-yang-digunakan/
  2. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_computer
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_meja
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/Desktop_computer
  5. http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_computer
  6. http://en.wikipedia.org/wiki/Spreadsheet
  7. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
  8. http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_information_manager
  9. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_finance&ei=86F6TsuYEoq4rAeBrdjCDw&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&sqi=2&ved=0CCUQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3Dpersonal%2Bfinance%26hl%3Did%26safe%3Dactive%26biw%3D1280%26bih%3D830%26prmd%3Dimvnslb

Leave a Reply

Add Your Comment